Jurusan Untuk 3 (Desain, Gambar, Tulis)

Pemilihan IPA atau IPS itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pilihan setelahnya. Maksudku, akan kemana aku setelah lulus SMA?

Begitu banyak pilihan, dan aku tahu bahwa aku tidak akan berminat ke bisnis, akuntansi, atau bahkan eksakta meskipun di SMA aku masuk ke jurusan IPA. Karena sesungguhnya aku masuk jurusan itu hanya karena lebih benci dengan IPS.

Tapi apa? Inot dengan FSRD-nya begitu membuatku silau, tapi sebenarnya apa yang diajarkan di sana?

Aku memang suka desain, tapi aku tidak mengerti sama sekali dengan konsep-konsep abstrak atau seni yang terkadang membuatku bingung. Jujur, hasil Psikotestku tidak mengarah kepada seni, tapi ke dekorasi, musik[?], dan sesuatu tentang eksakta.

Yang Aku Bisa, dan Yang Ada Saat Ini
Aku sangat suka menggambar, terutama menggambar karakter manusia. Seringkali aku ingin menjadi komikus saja. Tapi aku tidak ingin karakterku berhenti dalam lembaran kertas, aku ingin mereka hidup dan menggentayangi pikiran manusia dengan fantasi yang liar. Bagiku, menggambar adalah salah satu dari banyak jalan untuk mewujudkan sebagian kecil dari khayalan liar dalam otak kanan, bukan untuk konsep, menyindir, satir, atau sesuatu yang berarti. Aliranku tidak sama dengan Benny & Mice yang lebih condong kepada isi, aku menggambar untuk membuat khayalan terlihat lebih "realis".

Khayalan liar ;)

Aku sangat suka menulis, karena menulis hampir sama halnya dengan menggambar, yaitu untuk mewujudkan sebagian kecil dari khayalan liar. Aku banyak menulis cerita fiksi maupun fantasi, dan terus begitu karena menurutku menulis lebih mudah dari menggambar.

Aku sangat ingin menjadi web designer. Entah mengapa, aku senang mengaplikasikan desain dalam media yang terbatas. Bagaimana aku harus berpacu dengan besaran kilobites, keterbatasan CSS, browser compatibility, dan menggambungkan sesuatu yang bersifat statis dan dinamis menjadi sebuah kesatuan yang cantik. Aku senang dengan dunia ini, dunia maya, dan membuatnya menjadi lebih cantik. Mungkin konsepnya sama seperti dekorasi rumah di dunia maya.

Tapi ada keinginan di masa kecil yang ingin aku wujudkan, bisa membuat film kartun bagus yang ide ceritanya berasal dariku, terserah mau cerita yang mana.

Dan iseng-iseng aku juga sering membuat desain baju :) meskipun paling-paling untuk aku pakai sendiri saat lebaran.

Yang Aku Inginkan Sekarang
Aku tidak ingin berhenti sampai SMA, karena belajar itu masih panjang jaraknya. Tapi kuliah dan S1 juga bukan satu-satunya pilihan, karena aku bebas memilih.

Sejujurnya aku sangat bingung akan memilih yang mana. Seperti yang aku katakan di awal, Inot dan FSRD-nya benar-benar membuatku silau, tapi apa benar aku ingin masuk ke sana?

Tidak juga, yang aku inginkan adalah belajar untuk meningkatkan kemampuan desain (yang lebih condong kepada web), belajar menggambar, dan belajar menulis. Hanya 3 itu yang ingin aku pelajari berikutnya, tidak ada lagi eksakta-eksakta rumit.

Lalu bagaimana jalannya? itulah yang tidak aku ketahui.

Aku tidak ingin tersesat dalam jalan yang salah, aku tidak ingin mempelajari yang tidak ingin aku pelajari, aku ingin belajar di tiga jalan itu dan tidak ingin melenceng kemana-mana. Aku harus mencari mana yang sekiranya dekat dengan 3 jalan itu, tidak peduli meskipun itu bukan menuju universitas manapun.

Aku tidak peduli dengan title dan gelar, yang aku inginkan adalah ilmu, ilmu yang berkualitas untuk tiga jalan itu. Meskipun untuk itu aku harus pergi ke negara terjauh dari Indonesia, aku akan bersiap.

Tapi aku butuh pencerahan.

Yang Aku Inginkan Nanti
Keinginanku untuk nanti sebenarnya tidak terlalu muluk. Memiliki suami sempurna menurutku (karena sempurna relatif menurut sudut pandang masing-masing), lalu mengerjakan pekerjaan di rumah sambil mengurus anak, mapan, dan masuk surga.

Itulah kira-kira gambaran "besar"nya, lebih rincinya adalah aku ingin menjadi web designer, lalu mengumpulkan uang, lalu mulai menulis novel, menerbitkannya, dan masih menjadi web designer, menjadi mapan, punya suami dan anak, makin mapan, dan sisanya seperti air yang mengalir, terkadang ada batu, ada air terjun, dan limbah, tapi aku ingin berakhir dalam laut surga, amin.

Jadi, ada saran?

4 komentar:

  1. setiap orang pasti menginginkan yang terbaik dalam hidupnya, termasuk memiliki pasangan yang sempurna dan masuk surga. Saran aku sih, tentukan pilihan dengan penuh pertimbangan. Pertimbangkan apa yang ada di hati. Untuk mencapai semua mimpi, jangan pernah putus untuk belajar dan berdoa.

    Itu saja saran dari aku. Semoga bisa sedikit membawa manfaat.

    BalasHapus
  2. Masuk ke jurusan yang mengarahkan kita menjadi webdesigner aja. Bisa masuk Gunadharma ato Binus. Sedangkan bakat desainnya bisa jadi nilai plus. Di Indonesia, ga banyak lho yang expert di dua hal tersebut. Biasanya kuat di web programming tapi lemah di desain atau sebaliknya.

    BalasHapus
  3. Sepertinya makna itu sangat dalem yach.., salut !!! teruslah berjuang.., pasti bisa..,,!!

    BalasHapus