Cara Membuat Template Blogger (Like This)

Update: Yang benar-benar ingin membuat template blogger, silakan ke posting baru saya: Cara Membuat Template Blogger Online - Fitur Blogger Terbaru. Posting ini hanya sebuah catatan kecil (eh besar ketang) dari author saja tentang membuat templatenya sendiri (alias versi lama ;)

Sejak aku mengganti template blogku dari 'Maiother' menjadi 'Khayal', banyak sekali yang memberi pujian, sejauh ini belum terlihat ada yang memberi kritik, dan banyak juga yang bertanya bagaimana cara membuat template seperti ini.

Well, terima kasih atas pujiannya, meskipun template blog ini belum bisa dikatakan 100% bagus. Dan untuk yang bertanya-tanya bagaimana cara membuat template blogger ini, aku akan memberikan pertanyaan balik. Apakah anda sedang sibuk atau tidak suka bertele-tele? atau anda memang ingin tahu bagaimana aku membuat template ini? jika pertanyaan pertama anda jawab ya, maka aku katakan anda mungkin tidak akan mendapatkan apa yang anda mau, karena aku hanya memberitahukan hal-hal umum dan bukan rincian tentang "how to". Bahkan sebenarnya caraku membuat template mungkin terdengar tidak umum, jadi maaf kalau itu membuat kalian kesulitan.

Ini terlalu resmi!

Okay, inilah urutan kejadian (halah!)

  1. Mengganti template blog percobaan dengan Minima. Kemudian disimpan dalam format HTML, agar CSSnya bisa diedit dengan Dreamweaver secara offline.
  2. Menggambar desain dan mewarnainya di Photoshop
    Template blog mencerminkan pemiliknya. Kalau templatenya norak, orangnya pasti norak juga. Kalau templatenya dinamis, mungkin orangnya juga dinamis. Jadi aku mencoba mengeluarkan semua kelebihan (sekaligus kekurangan) dalam diriku melalui goresan pensil dengan kertas.

    Kelebihanku ada pada kemampuan menggambarku, khususnya menggambar manusia. Tapi aku tidak menggambar berdasarkan skala ini itu, garis-garis bantu, dan yang lainnya. Kalau diperhatikan, garis-garis tipis pada header itu justru ditambahkan setelah gambarnya dibuat. Garis itu aku buat untuk memposisikan title dan deskripsi blog agar komposisinya tidak terlalu payah.

    Mengapa harus mata yang menjadi gambar terbesar? karena semua hal yang aku dapatkan, mulai dari kemampuan menggambar, desain grafis, matematis, dan yang lainnya itu karena mataku (atau penglihatanku) masih normal. Aku sangat bersyukur mengingat seringkali aku menatap komputer selama berpuluh-puluh jam. Terakhir kali saat liburan aku harus menatap layar monitor selama 15 jam setiah harinya selama 2 minggu untuk menyelesaikan karya untuk lomba desain grafis yang saat itu sedang aku ikuti.

    Kemudian kupu-kupu ungu, itu karena aku suka kupu-kupu (sebenarnya lebih suka terbang dengan bebas seperti kupu-kupu) dan aku juga menyukai warna ungu. Jangan salah kaprah, kesukaanku pada warna ungu tidak ada hubungannya dengan statusku yang masih available. Tapi karena warnanya yang misterius dan menyendiri, yang pada saat yang sama terlihat ceria dan tanpa beban.

    Lalu titik-titik hujan biru, itu karena aku suka hujan, dan warna biru selalu bisa menolongku untuk lebih alami. Sementara bunga-bunga liar, yang sering aku temukan di banyak tempat, terbang bebas, ringan, dan cantik. Orang mungkin menganggapnya indah, tapi tidak sadar bahwa banyak yang seperti itu ada di sekeliling mereka.

    Untuk gambar 'besar' di footer, ada yang bisa menebak tempat apa yang aku gambar di sana? tentu saja, itu adalah gerbang Matliviea. pohon Angsana besar dengan lubang sebagai gerbang masuk, lalu kayu-kayu kecil untuk melewati kolam pembatas kematian. Tapi aku tidak ingin menghancurkan deskripsi tentang Matliviea dengan menggambar dan mewarnainya seutuhnya. Ini juga sesuai dengan kekuranganku yang sering tidak menyelesaikan sesuatu dengan utuh.

    Ada beberapa orang yang bertanya, sebenarnya background template ini berwarna putih atau abu? dan jawabannya adalah bukan keduanya. Ini adalah warna ungu muda dengan saturasi yang sedikit. Kemudian kalau ada yang berpikir kalau aku tidak becus dalam membersihkan gambarnya karena masih ada beberapa bercak pensil, silakan berpikir dua kali atau baca penjelasanku. ITU DISENGAJA. Sebenarnya aku bisa saja membersihkannya sampai sebersih-bersihnya, hanya saja aku ingin menunjukkan kalau aku juga memiliki kekurangan yaitu berantakan.
  3. Mengatur komposisi template dan memasukkan gambar ke CSS
    Meskipun aku ingin terlihat sedikit berantakan, aku tidak akan mengorbankan 'kemudahan dan kenyamanan membaca' dalam blog ini. Jadi aku tidak menambah macam-macam dalam background posting. Perlu diketahui aku juga sangat suka membaca, jadi setidaknya aku sedikit tahu apakah tulisan itu nyaman untuk dibaca atau tidak. Aku menggunakan jenis font yang umum, yaitu Arial, dengan ukuran standar(ku).

    Kemudian aku memberikan garis untuk memisahkan main wrapper dan sidebar wrapper. Pokoknya seperti yang bisa dilihat di sini.

    Tapi, untuk navigasi, hehehehe... belum terpikir untuk memperbaikinya.
  4. Copy-paste CSS ke HTML blogger
    Tentu sebelumnya kita harus simpan yang lama, karena takutnya ada sesuatu yang salah. Lalu copas CSS dan html tambahan ke HTML blogger, dan tralala! template sudah selesai.

Bagi yang ingin bertanya harap mengirimkan komentar

23 komentar:

  1. hemmm... emang jago nih bikin template... hihihi...
    buatin ina template dunk hihihi...
    padahal yg ina pakai skarang buatan anni... hihihi
    makasih yah.. :)

    BalasHapus
  2. hmmm...gitu yak...maaf kalo soal bikin template aku gak tertarik (di luaran sana masih banyak yg lebih jago...right???)
    Soal template norak berarti orangnya norak juga???
    jangan karena disuasana ngeblog dan membicarakan ttg template AKa bisa menilai orang dr hanya penampilan TEMPLATE!!!
    1. Kalo yg punya template norak, bilang template AKa ini norak???
    2. Kalo ada template keren 100% pujian dari mana-mana sampe komentarnya bejubel ternyata orangnya dlm dunia benernya NORAK???
    3. Cuma saran saja maaf panjang, di del jg gak apa-apa.

    BalasHapus
  3. Cara bikin yang template yang bagus nih....klu itu setuju deh dengan mba anita,cuma aq mau sedikit komplain nih mba tentang misalkan template mencerminkan kepribadian seseorang,klu masalah template aq setuju banget dengan bung BEben,bahwa tidak semua orang yang pakai template jelek berarti orang nya jelek/norak atau pun sebalik nya seperti yang mba Anita sebutkan.malah klu mau bertanya kepada semua yang mengunnjungi blog ini trus tanyakan kepada semua orang "blog ini jelek/norak atau bagus" dengan jawaban jujur tapi nya...tapi itu kembali lagi kepda semua orang....
    satu lagi mba anita ...aq mau komplain...... apakah ini udah sesuai penyebutan "ekor" di blog nya mba anita...mohon dikoreksi
    maaf juga kalu komentar nya terlalu panjang
    sama seperti bung Beben hapus aja komen ini ,klu mba Anita tidak berkenan dengan kritikan ...
    terima kasih

    orang desa tapi ganteng

    BalasHapus
  4. Emm.... sepertinya banyak yang agak keberatan dengan kalimat "Template blog mencerminkan pemiliknya. Kalau templatenya norak, orangnya pasti norak juga."

    ---

    @Beben:
    sebenarnya kalimat itu untuk aku sendiri. aku sering gonta-ganti template, dan beberapa diantaranya norak, membuatku menjadi seperti norak. Akhirnya aku putuskan untuk menggarap template untuk diriku sendiri dengan lebih serius.

    Tapi ternyata malah menimbulkan penafsiran berbeda. Ya, seharusnya kalimatnya aku ubah "Template blog terkadang mencerminkan pemiliknya. Kalau templatenya norak, mungkin orangnya norak juga." :D

    Tapi itu kritik yang membangun, terima kasih...

    ---

    @Anonim: Jawabannya sama dengan yang di atas. Kalau masalah "ekor", hhhmmmm.... widget itu sudah aku tambahkan kurang lebih setahun yang lalu dan aku lupa untuk apa aku menulis kata ekor.

    Mungkin, karena ingin memakai kata yang ganjil seperti yang biasa aku lakukan. Terkadang ada orang yang ingin memiliki ciri khas masing-masing. :D

    Eh kok anonim sih... jadi ga bisa berkunjung balik...

    ---

    Penjelasannya cukup ga???

    Aku tidak akan menghapus komentar yang berisi kritik. Yang biasanya aku hapus paling komentar SPAM yang ga jelas dan malah ngelink ke hal berbau porn... (huh!).

    :D

    BalasHapus
  5. Nice Post...
    Lagi persiapan bikin blog di blogger...
    Thx :)

    BalasHapus
  6. @cinema-21: wah... emang kenapa yang itu...

    aku salah satu yang suka download film disitu... :D

    BalasHapus
  7. Hoossshhh!!!
    Nah itu konteks kalimatnya duong, jd gak salah persepsih toh...
    dari kesukaan warna yg AKa suka (ungu), tidak mencerminkan bahwasannya AKa tidak suka bersosialisasi...:D
    bermasyarakat mah bawaan lahiriah seorang manusia...apalagi kita muslim...:P
    kabuuuuuuuuuurrrrrrrrr

    BalasHapus
  8. thx yaa.. ntar kl ada waktu dicoba :D

    BalasHapus
  9. Salut deh aku... jarang cewek secanggih ini.. :)

    BalasHapus
  10. @Franco: Coba saja, kan pinter programming.
    @FB-Gunungkidul: ahaha, makasih. Aku udah mampir, kontennya informatif, thanks!

    BalasHapus
  11. nah itu dia cara hmtl css ...
    gak ngerti gw... !!

    BalasHapus
  12. @Mament: Ya, coba saja cari blogger template generator. Rasanya dulu aku pernah menemukannya. Tapi kalau tidak salah hanya bisa kustomisasi warna dan posisi.

    BalasHapus
  13. "Sejak aku mengganti template blogku dari 'Maiother' menjadi 'Khayal', banyak sekali yang memberi pujian, sejauh ini belum terlihat ada yang memberi kritik, dan banyak juga yang bertanya bagaimana cara membuat template seperti ini."





    ni orang sombong bgd yah....dihh.....ga bgd dah,,klo gw bilang templat nya norak abis..ga jls arah dan tujuan nya berantakan ga jls..orang memandang blog yang paling utama bukan dari templatnya tapi dari isinya...lagian yang bagus di pandang mata itu kan yang rapi dan teratur...norak....!

    BalasHapus
  14. @Jatisutera: Makasih kritiknya. Ya, mungkin terdengar norak juga sih, ya tergantung siapa yang menilai. Tapi kalau menurut anda memang norak, ya itu mungkin memang benar adanya.

    Tapi, selama pengalamanku yang sedikit, template juga menjadi hal yang krusial bagi blog, meski tentu saja kita tahu content is king (kalo ga ada isinya juga mau ngeliat apa ;)

    Ya, akhirnya, kritik berdatangan dari sini :) Aku ga bisa sombong lagi ;) Jadi ada penyemangat.

    Okelah kalo begitu, aku akan terus berusaha lebih baik.

    Thanks all :D

    BalasHapus
  15. "Template blog mencerminkan pemiliknya" setuju benget! lebih tepatnya mencermintak suasana hati si pemiliknya. Aku jg suka ganti2 tplate... ya kadang norak juga sih :)

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  18. aku masih newbie :). gimana cara bikin template kaya gini??
    ajarin aku dong

    BalasHapus
  19. jadi intinya kita acak2 template lain gt ya mbakk??

    bisa dicoba tuh...
    btw templatenya bagus kok... si Jatisutera sirik tuh...wkwkw
    suka bgt gambar mata diatas,,
    cuman kok kayak kebalik2 gt y matanya..yg dalem diluar,, no offens .. nice blog

    BalasHapus
  20. Keren banget templatenya....Apa lagi gmbarnya bwt sendiri,,,mkin...keren two-thumbs dah..,,,jadi pengen buat jga tapi kyknya g bisa...ga ngerti msalah edit2 HTML-nya,,,pusinkkkk...hehehe,,,,

    BalasHapus
  21. bagus templatenya,,

    menurut aq simple,mencerminkan si pemilik blog,,

    jdi inspirasi aq buat template yang bisa mencerminkan diri aq sendiri

    BalasHapus