Saatnya Penjurusan dan Dijuruskan Kemudian Dijerumuskan

Tadinya aku mau menampilkan animasi flash buatanku yang jelek itu. Tapi berhubung jalur internet sekolah lagi rusak, jadi aku tidak bisa berbuat banyak selain ketik-ketik sambil download game Zuma yang sudah dipesan sama Mama...

Kenapa judulnya aneh seperti itu? itu karena aku sedang dihadapkan dengan penjurusan kelas XI atau kelas 2 SMA. Mau IPA, IPS, atau Bahasa?

Sebenarnya jurusan yang cocok untuk orang seperti aku itu apa sih? coba kita ukur kecocokannya!

IPA
Matematika
Orang pikir aku cukup pintar dalam bidang ini, padahal sebenarnya aku cuma pintar di aljabar. Mati aja tadi ulangan Matematika Trigonometri dari 7 soal cuma 6 yang diisi dan ada 3 soal yang jawabannya gantung alias belum selesai. Ah pusing!!!

Fisika
Aku justru suka dengan Fisika, tapi anehnya nilai aku dalam pelajaran ini kebanyakan pas-pasan dan aneh. Aku memang suka pelajarannya, tapi dari pertama aku mengenal Fisika sampai hari ini aku tidak pernah mendapatkan guru yang 'benar'. Selalu saja mereka menerangkan setengah-setengah, banyak menulis dan mengerjakan soal tanpa menjelaskannya, jarang masuk, dan memiliki ketertarikan yang tinggi pada benda yang disebut uang, payah! Kapankah Allah memberikanku guru Fisika yang bisa mengubah pandanganku itu dan bisa mengajarkanku dengan baik?

Kimia
Entah mengapa aku selalu mudah dalam mengerjakan soal-soal hitungan Kimia atau perumusan. Hanya saja aku tahu itu tidak akan berguna di kelas XI karena disanalah aku akan menemukan pelajaran yang sebenarnya. Kimiaaaaaaaaa......

Biologi
Sebenarnya guru di pelajaran biologi itu baik semua, tapi tetap saja aku tidak kuat hapalan-hapalan macam nama latin hewan, tumbuhan, de-el-el. Aku rasa aku nggak punya banyak harapan di sini.

IPS
Ekonomi
Aku nggak begitu minat dengan ekonomi, apalagi aku nggak pernah punya niat buat jadi ekonom. Nilai ekonomiku pas-pasan dan yang penting memenuhi standar saja.

Akuntansi
Mirip Matematika SD plus sedikit rumus-rumus hutang, modal, dan harta. Nilai aku selalu bagus dalam pelajaran ini tapi jujur aku nggak suka dengan Akuntansi. Aku bukan akuntan...

Geografi
Aku suka geografi. aku selalu suka melihat acara geografi dan mempelajarinya. Tapi nilai aku di sini selalu rata-rata, aneh! Aku sering melihat orang-orang geografi yang menyelamatkan dunia dari mulai gempa, efek global warming (inget film "The Day After Tomorrow" ga?) dan aku menganggap mereka keren. Atau bisa juga mempelajari astronomi yang misterius... Keren!

Sosiologi
Kenapa aku selalu menganggap remeh pelajaran ini meskipun nilaiku pas-pasan. Aku rasa aku nggak begitu tertarik dengan sosiologi. Aku nggak terlalu peduli dengan teori tentang kehidupan itu, karena aku mengalami kehidupan itu sendiri. Tapi aku suka dengan psikologi. Aku senang mempelajari psikologi orang, mulai dari guru, teman, gebetan, dan banyak lagi. Kemudian hasil analisisinya aku simpan dalam sebuah diary virtual, soalnya aku selalu ceroboh dalam menyimpan diary nyata.

Bahasa
Bahasa Indonesia
Aku sangat menyukai bahasa Indonesia, aku selalu memakainya setiap saat. Aku sangat menyukai puisi, cerita, novel. Bahkan cita-citaku selain ingin menjadi animator dan komikus juga ingin menjadi novelis. I love Indonesian!!! Tapi mungkin karena satu hal, nilai Bahasa Indonesiaku biasa saja, padahal aku kira kemampuan bahasaku lebih baik dari mereka yang memakai imbuhan 'nyink' itu... (nyink=anjing)

Bahasa Inggris
Aku juga suka bahasa Inggris, apalagi untuk mengejek orang. Selain itu aku juga kadang menulis puisi English dan sering menonton film Barat meskipun masih tergoda untuk melihat translatenya di bawah film, heheheh...

Bahasa Arab
Duhhhh... bahasa Arab emang penting juga sih, tapi apa nggak diganti aja sama bahasa Jepang (biar bisa ke Jepang trus belajar animasi di sana). kenapa harus bahasa Arab?

Sejarah
Heran deh, kenapa sejarah ada di Bahasa ya? tapi itulah yang terjadi. Dalam angket penjurusanku, Sejarah berada di bawah lingkup bahasa. Alasannya? karena sesuatu yang aku sendiri tidak mengerti... yeah!

Jadi... aku mau kemana ya? Kalo yang mau jadi seorang animator, web desainer, komikus, dan novelis itu masuknya kemana ya?

Tulisan di sini bukan untuk menghakimi pelajaran tertentu, hanya sebuah opini dari seorang anak SMA yang sedang kebingungan. Sekarang Penjurusan, trus dijuruskan, kemudian dijerumuskan!? ARGH!!!

6 komentar:

  1. PERTAMAX
    Saranku adalah.... jreng..jreng..
    pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan, jangan paksakan diri

    BalasHapus
  2. Yah... kalo gitu sih malah bikin pusing!!!

    BalasHapus
  3. mmm..lbh baik pilih yg g kamu suka..kalo aq g suka sama fisika so'pilih fisika za...okeyyyyyy!!
    template baru neh...

    BalasHapus
  4. numpang baca-baca yaa salam kenal

    BalasHapus
  5. Hmmm... sama kayak aku ya... mau penjurusan, coba dech liat postinganku di www.miftahur.com

    Di sekolahku ada Bahasa Jepang+Arab aku malah takut masuk jurusan bahasa... Yang bikin seram tuh Bahasa Jepangnya, ngehafalin hurufnya bisa bikin rambut ini botak hehehe

    BalasHapus
  6. Bahasa arab: (sebagai seorang muslim) ya bahasa arab itu penting, karena agama ini diturunkan dalam bahasa arab :)

    Saranku, mending menjerumuskan diri ke IPA saja (tp gak hrus maksa sch), c0z dr IPA ntar ke PTN nya bisa njerumus ke IPS atw Bahasa, tp klo IPS atw Bahaa bakalan keteteran klo maw njerumus ke IPA :D

    xixixixi... Salam kenal deh :D

    BalasHapus