Mama Penunggu Labkom, ARGH!

Suatu hari, aku pergi ke Labkom bagus, tapi sedang dikuasai oleh kelas XII. Aku jadi ingat lagi dengan temanku Kharisma, dia pasti mudah mencari tempat di sana karena postur tubuhnya saja sudah seperti anak kelas XII. Dan sayangnya aku tidak begitu, tubuhku lumayan kecil. Meski tak sekecil beberapa orang yang aku tak tahu siapa, tapi tetap saja tak bisa disamakan dengan anak XII.

Aku menyerah dan duduk di Labkom “jelek”, tidak ada USB Port. Aku membuka Friendster yang sekarang sudah tidak diblokir lagi. Aku memang pernah menyuarakan “Anti FS”, tapi tetap saja teman-temanku Paradise Club dan juga yang lainnya berkeliaran di sana, jadi aku juga.
>
Aku menemukan FS Yordan, si Aki anak Palembang. Ya kau tahu kan namanya Ki Agus Achmad Yordan Fairuzi, tadinya aku tidak tahu gelar apa itu sampai aku baca di novel Laskar Pelangi dan tahu kalau gelar Ki Agus dia dapatkan dari sebuah keturunan yang pintar di Belitong. Lalu pencarian yang membosankan.

Aku mengaktifkan YMku, dan kemudian mengobrol dengan Kharisma. Yang pertama aku bicarakan adalah tentang Observasi Sejarah, kemudian tentang hal-hal yang lain. Kharisma ada di Labkom “bagus”, dan sayangnya katanya sudah tidak ada tempat kosong. Sejenak aku berpikir apakah itu benar atau hanya untuk mencegahku ke Labkom “bagus” karena aku hanyalah seorang pengganggu baginya, tapi aku harus optimis. Aku panggil dia Aa, tapi dia malah bilang aku nggak pantes manggil dia begitu. Tadinya aku bingung, apa maksudnya. Jadi aku tanya apa tidak cocok karena aku yang aneh, dan dia jawab bukan begitu, tapi karena aku sudah pantas saja memanggilnya Ka, hhmm...

Kemudian Rizki Online, dan aku menyapanya. Kemudian dia bilang lagi di Labkom “bagus” yang berarti seharusnya mereka – maksudku Kharisma dan Rizki – berada dalam satu ruangan. Aku tanya apakah Rizki bersama dengan Kharisma tapi malah dijawab dengan jawaban yang tidak nyambung seakan-akan dia menantangku. Akhirnya aku malah ke Labkom “bagus” dan duduk dekat dengan Kharisma – sebenarnya dibatasi oleh seseorang – tapi intinya dekat, dan bencana dimulai.

Aku sudah merasa ada yang aneh dengan komputer ini, terkadang tombol enternya bisa digunakan terkadang tidak. Aku kembali mengobrol dengan Kharisma lewat YM. Dia sedang membuat blog baru yang nantinya akan berisi sains seputar Fisika dan Biologi di www.fisika-biologi.blogspot.com, dasar anak sains!

Aku menawarkan diri untuk membantunya sebagai Penasihat Teknisnya, dan Kharisma bertanya apa itu Penasihat Teknis. Bodohnya, aku bahkan tidak tahu apa itu penasihat teknis, dilihat dari bahasanya sih sepertinya orang yang menangani bagian-bagian teknis, jadi aku jawab saja seenaknya. Penasihat Teknis itu orang yang menangani bagian-bagian teknis blog seperti mengatasi error dan sebagainya. Semoga kali ini kabut ilmu pengetahuannya sedang tipis jadi dia akan percaya.

Aku juga menawarkan diri untuk membuat template blog itu, yang eksklusif dan pastinya berhubungan dengan fisika dan biologi. Aku juga sangat menyukai Sains, jadi tidak apa kan kalau aku ikut. Lagipula aku harus mengasah ingatanku tentang CSS yang sudah sangat jarang terpakai.

Dan bencana sebenarnya dimulai. Dari awal aku sudah menyangka ada yang mengawasiku, dari server pastinya. Aku tahu karena aku juga pernah memegang server di warnet dan mengawasi pekerjaan orang lain yang memakai user, untuk mengontrol pengunjung warnet yang nakal. Ada sebuah simbol aneh di icon samping jam, dan sepertinya sedang connect. Sebuah sistem pengawasan guru terhadap muridnya, yang aku tahu ini hanya dimiliki oleh guru-guru komputer.

Tapi ini sudah keterlaluan, dia seenaknya mengirimkan pesan YM gak mutu ke kontak-kontak YMku, dan juga ke Kharisma. Aku langsung mengatakan kepada Kharisma kalau apapun yang dia terima dari akun YMku setelah itu, bukan berasal dari aku, tapi dari seorang peneror rese yang memegang server. Untung saja sepertinya dia mengerti.

Aku sangat kesal dan terbesit ide untuk menantangnya. Aku membuka aplikasi Wordpad dan bertanya siapa ini, kemudian dia bilang mama penunggu labkom. Aku yang nggak begitu suka dan tidak takut dengan hal-hal yang seperti itu malah semakin ingin menantangnya. Aku tadinya hanya bertanya siapa ini, kemudian dia bilang yang memakai baju hitam. Tunggu dulu, setahu aku guru komputer yang memakai baju hitam cuma pak Iman deh… aku mulai curiga. Dan kemudian dia bilang, ini murid kelas X-4 ya. Hhmm… dia ternyata juga tahu kelasku.

Tadinya aku hanya penasaran siapa ini, tapi si peneror ini semakin membuatku jengkel karena menggangguku terus, akhirnya aku berbicara sunda, sepertinya kasar tapi aku tidak mengerti dan juga tak peduli. Dan si peneror bilang jangan kasar dengan orang tua. Sekarang aku yakin sepertinya dia guru.

Kharisma sepertinya aneh melihatku, tentu saja. Saat itu aku frustasi, yang aku lakukan selalu di abort. Aku marah dan melampiaskannya pada meja kayu di depanku, aku menendangnya, memukulnya. Kemudian aku bertanya kepada Kharisma, kira-kira siapa peneror ini. Tapi dia tidak tahu rupanya.

Tiba-tiba teror berhenti, dan kemudian muncul Pak Iman di depan pintu dan bilang kalau waktu Labkom untuk memakai Labkom tinggal 15 menit. Aku malah semakin curiga dengan guru yang diidolakan banyak siswi ini, ya kau tahu kan dia belum menikah dan masih muda, sikapnya juga masih muda, tak seperti guru tua yang membosankan. Mungkin saja dia sedang ingin iseng.

Si Mama penghuni Labkom ini bilang dia memakai baju hitam, berada di balik pintu belakang Labkom yang sebelumnya aku tak tahu apa isinya dan berada di antara kardus-kardus. Tapi karena aku penasaran aku nekat juga ke sana, Cuma beberapa meter ini. Dan ternyata isinya cuma kardus-kardus dan hardware-hardware komputer yang sudah rusak.

Aku nekat hampir masuk ke dalamnya, tak ada apa-apa. Ah ini menyebalkan, dia membuang waktuku. Kemudian, ada pesan dari Teacher, yang mengatakan kalau waktunya tinggal 7 menit lagi. Ini pasti Pak Iman. Aku menyerah dan segera berkemas, pergi.

Rabu, 11 Maret 2009

4 komentar:

  1. medi eang lucchu8 April 2009 01.23

    eehmm bgushh

    bgussh km ngomong kasar k gru

    hahahayyss

    BalasHapus
  2. Add fs ku ya: bi2t@in.com

    BalasHapus
  3. saya guru komputer juga lo :D salam kenal

    BalasHapus
  4. hah?? ajaib, siapa tuh? iseng amet.
    (INOT)

    BalasHapus