Hakikat Geografi

A. Ruang lingkup Geografi

Pengertian Geografi
Kata geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo dan graphein. Geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti tulisan. Secara umum geografi berarti tulisan tentang bumi. Istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes dengan nama geographica.

Meskipun interaksi antara manusia dan lingkungannya merupakan inti kajian geografi, terdapat berbagai pendapat mengenai hakikat, konsep, dan batasan geografi.

Akan tetapi, meskipun terdapat berbagai perbedaan pandangan mengenai Geografi, tetapi semua ahli geografi sepakat adanya elemen-elemen yang sama sebagai berikut :

1. Geografi termasuk ilmu pengetahuan bumi dengan objek permukaan bumi sebagai lingkungan hidup manusiadan lingkungan tempat manusia dapat mengubah dan membangunnya.

2. Geografi memperhatikan persebaran manusia dalamruang dan hubungan manusia dengan lingkungannya.

Perkembangan Pandangan Geografi
Berdasarkan pengkajian dan analisis para ahli geografi, pandangan terhadap geografi mengalami perkembangan. Akan tetapi hingga saat ini studi geografi dibedakan menjadi dua :

1. Geografi Ortodoks
Adalah geografi yang bidang kajiannya suatu wilayah (region)dan analisis terhadap sistem sistematiknya. Terdapat empat kajian dalam geografi ortodoks, yaitu geografi fisik, manusia, dan teknik.

2. Geografi Terintegrasi
Merupakan kajian geografi dengan pendekatan terpadu, yaitu integrasi elemen-elemen geografi sistematik yang terdiri dari geografi fisik dan geografi manusia dengan geografi regional yang terdiri dari geografi regional zona dan geografi regional kultur.

Pendekatan Geografi

1. Pendekatan keruangan
Terdiri dari Pendekatan Topik, Pendekatan Regional dan Pendekatan Aktivitas Manusia.

2. Pendekatan Ekologi
Pendekatan Kompleks Wilayah

B. OBJEK STUDI GEOGRAFI
Objek Studi Material geografi
Merupakan Objek yang dipelajari dalam geografi, yaitu semua fenomena yang terdapat dan terjadi di geosfer, meliputi :
Litosfer
Hidrosfer
Atmosfer
Biosfer
Antrosfer

Objek Studi Formal Geografi
Terdapat tiga hal pokok untuk mempelajari objek formal dari sudut pandang kekurangan, yaitu sebagai berikut :
Pola persebaran fenomena di permukaan bumi.
Interaksi dan Integrasi antarfenomena
Perkembangan yang terjadi pada fenomena tersebut, baik dalam wilayah sendiri maupun antarwilayah.

C. PRINSIP GEOGRAFI

Di dalam studi geografi, prinsip geografi merupakan dasar untuk menguraikan, mengkaji, serta mengungkapkan fenomena, variable, factor-faktor, dan masalah geografi. Prinsip Geografi terdiri dari :
Prinsip Persebaran
Prinsip Interelasi
Prinsip Deskripsi
Prinsip Korologi

D. ILMU BANTU pada STUDI GEOGRAFI
Geomorfologi
Meteorologi
Klimatologi
Klimatologi
Antropogeografi, dll.

E. SARANA BANTU GEOGRAFI
Tabel
Peta
Diagram
Grafik

F. Manfaat Geografi
Geografi mempunyai landasan kuat untuk mempelajari setiap fenomena secara utuh dan menyeluruh demi kepentingan manusia.Fenomena geosferdipelajari untuk perencanaan, proses, dan keberhasilan pembangunan. Oleh karena itu ahli geografi harus dapat menjelaskan fenomena yng terjadi di permukaan bumi secara objektif.
Ilmu dan sarana bantu geografi dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antar gejala di permukaan bumi dari berbagai aspek kehidupan, contohnya pertanian dan industry.

Sumber: Buku Ganeca Exact; mungkin... soalnya udah lupa :D

7 komentar:

  1. persis buku ganeca excact, ditulis dunk sumbernya
    kasian penulisnya
    mavvvvvvvvv

    BalasHapus
  2. @anonim: aduuuuuh... sori... itu salinan tugas sekolah temen jadi ga ada sumbernya... sori.. waktu itu langsung copas aja... hehehe...

    BalasHapus
  3. KOk Cman Segitu.. Tambahin Dunk... Buad Tugas nih...

    BalasHapus
  4. hei ini hakekat geografi bkan?
    soalnya saya di suruh menjelaskan tentang hakekat geografi sama guru saya....

    BalasHapus
  5. kurang lengkap ni..
    tambah dong..

    BalasHapus
  6. ehh gan,
    kalo studi yang paling menyeluruh dari tiga studi rhoad murphey apa?

    BalasHapus
  7. MAMAN mengatan;kok cuma sedikit sih jawabannya//

    BalasHapus