Alasan Orang Tidak Suka Matematika

Ini adalah satu pekerjaan nggak penting anni3. Satu hari pada saat pelajaran Matematika... anak-anak yang lain terlihat begitu tidak bersemangat dengan hal-hal yang diajarkan semisal pertidaksamaan dan yang lainnya.

Dan akhirnya ada juga ide aneh. Aku tanya ke beberapa anak sekelas yang dipilih secara acak untuk menjawab pertanyaan ini

1. Apa sisi baik Matematika?
2. Apa sisi jahat Matematika?

Dan inilah jawabannya!

unnamed_1:
sisi baik: Nggak ada
sisi jahat: Rieut (basa Sunda, artinya pusing)

unnamed_2:
sisi baik: Pinter hitung
sisi jahat: Teu kaharti (tidak mengerti)

unnamed_3:
sisi baik: Pelajaran semisal Fisika, Kimia dan Komputer butuh Matematika
sisi jahat: Matematika suka bikin masalah sendiri yang kadang nggak nyata.

unnamed_4:
sisi baik: Teu nyaho (tidak tahu)
sisi jahat: Rieut, teu ngarti

unnamed_5:
sisi baik: Teuing (tidak tahu)
sisi jahat: Teu ngarti ah...

unnamed_6:
sisi baik: Ya... jadi pinter hitung
sisi jahat: Bingung... masih dipikirin

Aku tanya mulai ke orang di sebelah sampai yang ada di ujung kelas (sayangnya pada nggak mau disebutin namanya), dan bisa dilihat kalau kebanyakan masih banyak orang yang menganggap Matematika itu... ya itu.

Kalau menurut anni3 sih, Matematika itu cukup berguna. Tapi tergantung pribadi masing-masing aja... Kalau ada yang mau menjawab pertanyaan ini silakan di tempat komentar.

12 komentar:

  1. gw mang salah satu orang yang kurang beruntung sama pelajaran matematika ( udah goblok ma mtk, sial pula ).
    Gw semenjak masuk SMP, ga tau napa jadi goblokkk bgt ma namanya pelajaran matematika, perasaan dulu di SD nilai terjelek klo plajaran matematika ya..paling 7.50.
    SEmenjak masuk SMP gw jadi goblok bgt sampe sekarang pun gw Udah SLTA masih aja goblok kayanya sering bgt ga pernah absen remedial, makanya karena nyokap gw tau klo gw kurang ma niy pelajaran,, akhirnya lulus SMP Pun nyokap nganjurin gw masuk SMK ( biar ga terlalu parah pljrn MTK'y di banding SMA ), SMK'y pun bukan yang jurusannya ky adsmintrasi perkantoran, penjualan, accounting ( apa lah yang ada itung itungannya ). Akhirnya karena gw termasuk orang yang lebih menonjol ke seni,,gw pun masuk SMK yang jurusannya RESTORAN alias JASA BOGA. GW kira dengan gw masuk ke SMK, gw bisa mengapresisikan seni gw lewat bidang masak ( masak itu seni lho...),dan menurut gw tadinya matematika ga akan terlalu susah dan gw mikir paling pelajaran SMP yang diulang klo masuk SMK,,,
    tapi loe tau ga...??? ternyata masuk SMK Jg ga kalah sama SMA, matematika termasuk plajaran pokok yang ga boleh ketinggalan, dan ternyata tuh pelajaran emang saling berkaitan satu sama lain termasuk sama pelajaran kejuruan gw, mulai dari nimbang bahan-bahan makanan yng mau di masak, menghitung angka kecukupan gizi makanan, menghitung takaran suatu cairan, menghitung dan membuat rencana belanja, masih banyak bgt dagh......

    niy gw kasih tau, sepinter"y gw di matematika ujung"y kalo lg ulangan pasti remedial, cz tiba" lupa gitu aja...
    klo ga, kadang gw terlalu alias so pinter, dari atas jawabannya bener tapi ntar hasil akhirnya kadang kurang simbol min (-) atao plus (+). jadi contohnya hasil -5 tp jwaban gw 5. heheheheee...padahal cuma simbol doank ya...
    itulah kesialan gw, klo pun gw ga remedial paling nilai gw standar bgt.
    Tapi bukan karena gw goblok ma matematika gw jadi pesimis gitu aja dong, dan jadi mrasa orang terbodoh didunia, cz gw punya kelebihan. TEmen" kelas gw yang nilai Matematikanya 9-10 kebanyakan mereka nialinya masih kalah sama gw kalo pelajaran produktif ( plajaran kejuruan ). ya ibaratnya kebalikannya lah, siapa yang jelek di matematika dia jago di produktif, siapa yg bagus di mtk dia jelek di produktif heheheheheee.

    so..gw ga bisa di matematika bukan berarti gw ini manusia tergoblok kan..???
    hahahah... ( sombong.. ).

    tapi pertanyaan" yang selalu gw tanya dalam hati bahkan ke temen" pun gw pernah nanya...

    " kita tuh belajar matematika buat apa sih...??? kan yang nyiptaiin rumus tuh manusianya, trus ngapain klo udah tau rumusnya ngpain di cari cari lagi jawabannya, emang penemunya ga pernah ngasih tau jawabanyya ya...??? duh niy penemu rumus bego amat sih, masa mesti ninggalan penderitaan ke seluruh pelajar dibelahan dunia ini..??? siapa sih niy penemu rumus nyusahin aja deh...??? ini sama aja ngerjain diri sendiri, kita yang membuat masalah kita sendiri yang kena masalah, duh bodohnya manusia ini..."

    itulah pertanyaan" yang sering timbul dari benak gw...


    kadang ada juga guru matematika yang ya kadang masih kurang mampu dalam mengerjakan soal matematika.
    ntar klo dagh ga ketemu temu jawabannya trus bilang dagh ke murid"y ky gini : " ini soalnya yang salah ".
    heheheheee makanya gw mikir matematika tuh kadang suka ngerjain orang.

    GW bilang kaya gini bukannya karena gw benci niy ma matematika tao para pecinta matematika.
    tapi jujur gw salut bgt koq sama orang yang pecinta berat sama matemtika, bisa mecahin masalh serumit itu.

    jadi klo pendapat gw tentang matematika itu....???

    SISI BAIKNYA : Mungkin Ngasah otak kali ya...

    SISI JELEKNYA : Mecahin masalah tersusah, yang masalah itu kita buat sendiri dan kadang dapat menimbulkan masalah, kalo kita mecahinnya dengan cara yang salah.Dan kadang manjadikan diri kita seolah olah kita ini manusia yang terpayah.......
    ;)

    BalasHapus
  2. justru aku paling suka matematika, soalnya ngga banyak hapalan sih, jadi ngga perlu ngabisin waktu tuk baca-baca (cape deh) hahah...
    test equation [ tex ] a^x_n [ /tex ], muncul ngga yach??

    BalasHapus
  3. kalo ini muncul ngga?
    $latex \phi = \frac{b-a}{2} + \psi(\sqrt{2}e^{\frac{a+b}{4}}t,\sqrt{2}e^{\frac{a+b}{4}}x) $

    BalasHapus
  4. Matematika? Makin Tekun Makin Tidak Karuan, hehe.
    (Beat2ws)

    BalasHapus
  5. Memang ada orang yang kurang senang matematika, mungkin karena Tuhan sudah menciptakan manusia dengan keragaman selera, ada yang suka dan tidak suka matematika supaya mereka bisa saling mengisi kekurangan masing2 dan mempunyai peran (lakon) yang berbeda dalam hidup.

    Oh yaaa, blogku juga sudah aku update jadi do follow, dan satu lagi tambahan buat teman-teman aku, kalo aku kunjugi blognya, pasti aku klik iklannya, karena aku juga penganut do klik (tetapi cukup sekali klik/kunjungan, karena khawatir teman malah dapat click fraud).
    Do klik itu mungkin mirip matematika yaaa...
    1 klik = Rp. 300 , atau 1 klik=Rp.600

    BalasHapus
  6. menurut aku banyak anak sekolah ga suka matematika tu karena mereka males hitung , jadi menurut ku biar suka matematika kita jangan malas hitung , lagian matematka itu asik kok !!!

    BalasHapus
  7. mathematics is delicious..., isn't it?
    :)

    BalasHapus
  8. Emang g2 yah...Matematika enak tuu...
    Lam kenal!! ne mo jlajah blog u...

    BalasHapus
  9. matematika itu NGALUMENK!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  10. hah? ngalumenk itu apaan?

    BalasHapus
  11. Mathematic is the queen of the science. Artina Matematika adalah ratunya semua ilmu pengetahuan. Jadi setiap ilmu2 pengetahuan memerlukan yg namanya matematika. Koruptor aja butuh tuh matematika buat ngegasak duit orang. Namun sayangnya matematika di indonesia terlalu berlebihan. Kadang kita mempelajari materi yg terlalu luas, misalnya untuk dasar ilmu2 teknik. Padahal tidak setiap orang berbakat pada teknik. Mending kaya Yahudi, ibu2 hamil udah mengerjakan soal2 matematika, dan ktk anak masuk SD, kurikulum matematikana khusus mempelajari matematika ekonomi, sehingga bisa anda lihat orang2 yahudi bisa menguasai perekonomian dunia. Jadi intina, kita mempelajari matematika itu harus sesuai dengan kebutuhan. sejak dini harus diketahui bakatnya apa, maka forsi materi2 matematikanya pun nantinya bisa disesuaikan. Supaya apa yg tlh dipelajari dari ilmu matematika tidak sia2. Yang penting ilmu matematikanya bakalan berguna buat anak untuk masa depannya.

    BalasHapus