Kamu di Internet untuk apa ? ? ?

Hayo ngaku... kamu di internet sebenarnya untuk apa sih...
Oke! ini adalah hal-hal yang anni3 lakukan di Internet mulai dari nggak tahu apa-apa di Internet sampai sekarang.

  1. Main-main nggak jelas
    Beneran lho... ini adalah hal yang anni3 lakukan pada saat baru ada warnet di kota-Q Cikampek dulu... sekitar umur 12 Tahun... paling cuma search-search aja, malah dulu anni3 mau banget bikin sebuah situs sendiri (yang kemudian diketahui bernama blog) trus suka mainin game-game iklan flash (yang biasanya ada di 4shared.com, yang push up lah de-el-el) dan berharap game itu bisa dipasang di blog khayalan itu. aneh bin ajaib...

  2. Bikin e-Mail
    anni3 baru bikin e-mail waktu umur 13 tahun. waktu itu anni3 pindah dari Cikampek ke Tasik... hiks..hiks..

    Jadi ceritanya waktu itu, temanku yang bernama Icha sms kalau dia punya email. Anni3 yang anak seorang ahli Komputer ini tentu saja nggak mau kalah, tapi pada kenyataannya anni3 juga tidak tahu apa-apa, jadi anni3 minta tolong sama papa untuk membuatkan anni3 email di yahoo (karena dulu anggapan anni3 yang keren itu di yahoo) tapi yang mengesalkan emailnya itu id-nya jadul... yaitu anitakartini@yahoo.com apa sekarang masih ada ya???

    Akhirnya bermodal nekat anni3 pergi ke sebuah warnet di kota baru anni3 ini (pake acara nyasar lagi...) dan membuat beberapa akun yahoo yang anni3 bikin tapi nggak ada yang kepakai. sampai akhirnya anni3 coba-coba di Google Mail (Gmail) yang sekarang menjadi email utama anni3.

  3. Chating di mIRC dan Main Friendster
    Lalu anni3 mulai mengetahui layanan chating di mIRC, wuih... anni3 waktu itu seneng banget, berasa orang paling pintar sedunia. Dan pada suatu saat anni3 ditanya tentang FS, anni3 yang penasaran tapi jaim segera bertanya pada mbah Google dan anni3 baru tahu kalau FS itu singkatan dari Friendster. Secepat kilat anni3 bikin akun Friendster...

    Tapi baru beberapa minggu anni3 sudah bosan dengan Friendster dan mulai teringat dengan keinginan anni3 untuk membuat sebuah situs sendiri (namanya blog tauuu!!!).

  4. Mencari Tugas Makalah
    Nah ternyata anni3 baru tahu kalau internet itu bisa dijadikan tempat pencarian informasi pembelajaran (selama ini kemana aja neng!!!)

    Nah pelajar-pelajar yang sedang cari tugas mode: on, nggak akan terlalu ingat dengan situs maupun blog sumber mereka kecuali yang sudah sering menjadi refrensi dan pastinya ada di posisi atas di Google... misalnya om Wikipedia.org

    Jadi kayaknya beriklan di situs yang kayak gini kurang menguntungkan deh... soalnya biasanya kalau anni3 cari tugas pun nggak pernah memperdulikan lagi darimana anni3 dapat info-nya...

  5. Membuat akun Blog
    Kebetulan sesaat setelah itu ada tugas komputer di sekolah yaitu membuat blog. Dan untungnya saja situs pertama yang direfrensikan oleh guru anni3 ini adalah www.blogspot.com dan yang kedua adalah www.wordpress.com
    Coba kalau waktu itu yang ditulis duluan itu wordpress, pasti anni3 nggak akan ada di sini...

    Dan keberuntungan juga buat anni3 soalnya blogspot itu satu paket dengan Google jadi untuk anni3 nggak begitu masalah.

    Soal penamaan blognya kenapa waktu itu menjadi anni3access.blogspot.com, itu karena nama gaul anni3 itu dJ.@Nn!3 (kok dj???), tapi karena karakter @ dan ! itu nggak bisa dll, akhirnya diambil nama anni3. dan kalau access itu diambil dari situsnya im3 yaitu m3-access.bla...bla... karena access itu artinya adalah akses dan menurut anni3 artinya adalah akses menuju seorang anni3....

    Tapi emang pengetahuan anni3 itu sangat sedikit... jadi segala ditambahin. mulai dari games, mp3, wah pokoknya bikin blog anni3 beraaaat banget sampai-sampai 3 menit baru kebuka... WOW!!!

    Kalau ada yang pernah buka blog anni3 yang dulu... wah jadul banget! isinya cuma gambar2 anni3 yang aneh plus deskripsi2 yang aneh juga... Coba kamu tanya ke diarynacupid.blogspot.com, dia satu-satunya orang luar yang pernah nyangsang di blog anni3 sementara yang lainnya paling cuma temen-temen anni3 yang anni3 undang lewat email...

    Itulah kebodohan anni3 yang kalu diingat sering membuat anni3 ketawa-ketiwi.

  6. Menggunakan Custom Domain
    Jadi ceritanya waktu anni3 baru masuk SMA, anni3 lagi bosan-bosannya dengan Blog. Tiba-tiba menemukan cara custom domain dari danasimpleman.co.cc (sekarang udah pindah ke klikdana.com) [klik di sini untuk daftar]

    Karena nggak begitu rumit dan gratis akhirnya anni3 memiliki blog dengan domain anni3access.co.cc, nah waktu itu anni3 nggak sengaja lihat link www.sasukeblog.co.cc setelah daftar. Karena anni3 tertarik dengan anime makanya anni3 langsung cabut ke lokasi... di sinilah anni3 ketemu dengan SaSuKe.

  7. mengenal HTML sederhana seperti memasang gambar dan link
    Bodohnya anni3 waktu itu kan tempat posting asalnya berformat WYSIWYG tapi mungkin karena ada salah setting jadi format HTML biasa dan waktu itu anni3 panik banget. tapi sekarang justru anni3 sangat bersyukur karenanya anni3 lebih mengerti dengan HTML sederhana dan akhirnya anni3 bisa membuat link untuk download tanpa bantuan mode Compose... yaitu download lagu NARUTO dan lagu One Piece.

    Dan sisanya banyak dibantu oleh SaSuKe, dia orangnya baik banget tapi sekarang kok jarang OL sih???

  8. Chating di Yahoo! Messenger
    waktu anni3 pertama chating di YM, anni3 beneran nggak familiar, ya mungkin karena biasanya cuma liat mIRC... tapi anni3 beruntung banget soalnya banyak dibantuin oleh SaSuKe. akhirnya anni3 bisa chating pakai YM sedikit-sedikit meskipun masih butuh bimbingan.

  9. Utak-atik CSS
    Mungkin dari cerita di atas kalian mengira aku belajar CSS di blogger juga. tapi ternyata anni3 Utak-atik CSS pertama kali di Friendster!!!

    Jadi ceritanya ada seorang teman, di mengira aku itu bisa segalanya tentang komputer, internet de-el-el... padahal anni3 sih ilmunya masih seiprit!!! eh jin iprit sih gede... mungkin sebesar semut kali ya???

    Nah terus temanku ini minta supaya background kotak FS-nya dijadiin transparan, terang aja anni3 bingung karena sebelumnya nggak peduli sama CSS kayak gitu. Tapi karena agak gengsi juga (apalagi uda ditraktirin mie ayam...lapar) akhirnya anni3 coba-coba aja baca bismillah terus ganti nilai background-nya (yang pasti tulisannya background kan???) jadi transparent, ternyata berhasil!!! dan sejak itu anni3 makin semangat untuk edit-edit CSS hingga sekarang.

  10. Mengenal HTML dan CSS secara serius
    Pertama kali anni3 menekuninya secara serius adalah waktu itu anni3 nyangsang di kolom-tutorial.blogspot.com punya Kang Rohman, di sana anni3 banyak belajar. trus anni3 juga pernah nyangsang di trik-tips.blogspot.com punya Aa Kendhin, di di dua blog itu anni3 banyak belajar dan untungnya saja anni3 mudah mengerti kalau soal yang kayak gini. Jadilah anni3 seperti sekarang.

    Trus waktu itu anni3 kan dapet PR dari BoBz (sayangnya dia pindah blog dan gak tahu kemana lagi...) Nah trus ada satu komentar dari dunia-blogger.blogspot.com punya Kak Ade Sanusi, dari sana anni3 belajar trik-trik unik yang aneh tapi nyata...

  11. Mengenal Iklan di Blog
    Nah tadinya anni3 itu agak-agak sebel sama yang namanya iklan karena kebanyakan tuh menjerumuskan. tapi lama kelamaan anni3 juga mau donk menghasilkan uang dari blog.

    Akhirnya dengan bermodal nekat anni3 daftar ke Adsense. tapi ternyata ada yang anni3 lupakan, yaitu anni3 mendaftar di yang Indonesia. Jadilah anni3 cuma dapet Ads for Search dan Ads for Feed (mana anni3 nggak tahu lagi cara pakainya, ada yang bisa bantuin???).

    Nah ditengah keputusasaan itu. akhirnya anni3 daftar aja di kumpulblogger.com, ya tapi masih sedikit belum nyampe Rp 2000,- juga...!!!

Yap akhirnya selesai juga postingan nggak penting anni3, sekalian menggenapkan jumlah postingan anni3...

11 komentar:

  1. Waduh, dik Anni3 ini ada2 ajah yah? Kirain mau tanya ma blogger lain, eh malah nyeritain pengalaman pribadi, hehe..
    I follow U, may U follow me? hi.hi.hi..

    BalasHapus
  2. @beat2ws: Eh tapi itu bisa jadi pertanyaan juga lho!!! kalo mau dijawab silakan... btw kalo pengalaman Aa di dunia maya ini awalnya gimana??? apakah sama atau ada yang loncat2
    kangguru kali loncat-loncat

    BalasHapus
  3. Yupz, kalo aq pribadi sieh agak ndeso masalah internet. Aq kenal internet pas udah kelas 3 SMK *(katrok mode ON, , gak kayak anni3, 12 thn aja udah berkenalan dg internet)*.
    Aq knal ma internet pun juga karna temenku jadi operator warnet, jadi bisa internetan karnena gratis, kalo gak diajak ke warnet tsb mungkin mpe lu2s SMK blum tau internet tuh apaan? Makanan ato minuman tuh internet?hehe..

    Teyuzz, awal mengenal blog saat melihat seorang temen kuliah sedang utak-atik kode2 gak jelas (edit HTML). Nha, waktu entu tanpa malu2 *(emang gak punya malu si :D)* aq tanya "itu apa? buat apa? mau buat gemana?"
    Dijawablah: "ini namanya blog, bla bla bla...". Ow, blog ya, kayak alamat rumah aja, Gang Pemakaman Blog C, itu mah blok Beat?hehehe

    And then, mulai bener2 semangat buat blog 'n ngeblog gara2 ada fasilitas internet gratis dari perpustakaan kampus *(senenge kalo gratis duank?)*. Emang sih, ngeblog waktu itu bukan pilihan, tapi hiburan. Sama kayak anni3, aq juga internetan cuma maen2 ga jelas, fs, emailan, dsb.
    Udah ah, cape nih ngetiknya, mau ngetik postingan juga nieh... Makasih nih dah diijinin berbagi pengalaman...

    Best regard,

    (www.bibitku.co.cc)

    BalasHapus
  4. Sekalian mau tanya.
    Kalo buat author area di komentar kayak punya anni3 gemana ya? Aq si udah bikin warna komentar yg beda pada pemilik blog, tp kan yg beda cuma warnanya. Aku pengen yg ada 2 garis tepi besar kayak blog ini. Yg pink itu tuh? Tau maksudnya kan?

    Kalo anni3 punya tutorial pribadi bisa di email kode2nya ke tibib89 at gmail.com. Ato kalo mau kasih alamat tutorial yg bersangkutan, please kasih komentar di blog aku dg jawaban anni3, nuwun.

    BalasHapus
  5. kalo saya di internet untuk cek imel n cari peluang bisnis .. he he he

    BalasHapus
  6. #adinata
    kalo peluang bisnisnya jadi mitra saya mau? jadi agen pulsa elektrik ??

    BalasHapus
  7. @beat2ws: ohh... gitu, btw anni3 lom bisa jawab pertanyaannya soalnya masih pusing ma ulum, tugas de-el-el

    @adinata: kalo cari peluang bisnis dimana???

    @bonus pulsa: beuh ada juga yang mengiklankan diri...

    BalasHapus
  8. Onlent cuma buat chatt, cek email, ngedit website, ama buka FS to'..

    BalasHapus
  9. Kalo dulu ke warnet untuk nyari tugas dan maen2 aja, baru setelahnya kenal friendster dll. tapi sekarang udah mengenal blog sama kayak mba anni, dan lagi semngat2nya ngeblog..

    BalasHapus
  10. bagi2dunkz ilmunya....q masih awal banget buat blog....cari tutorial di gogle pernah q praktekkin malah hslnya amburadul........bantuin dunkz....

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum........SALAM KENAL..........
    Temen-temen ingin WIRAUSAHA ??? Jadi entrepreneur ???
    Ingin punya bisnis ??? Mau buka usaha ???
    Yang nyata, halal, prospektif & mudah ??? ( Bukan MLM )
    Atau butuh bimbingan / konsultasi ???
    Wujudkan Bersama Kami. "CV.HAZET Computer & Konsultan Bisnis"
    Hubungi 08121479434 Bp.Afif Naofal atau Klik

    http://WWW.INFOBAGUS.TK atau
    http://WWW.HAZETCOM.BLOGSPOT.COM

    Bersama kami insyaAllah untung, maju, berkah & sukses.
    Saatnya ACTION. Ayo ambil peluang bisnis ini.
    Tidak ada kata terlambat. Ikuti jejak mereka yg sudah kami bina & sukses.
    Kami bantu anda maksimal. Melayani Seluruh Indonesia.
    GARANSI. KONSULTASI GRATIS !!! =========================================

    BalasHapus