Efek Teks di Posting

Efek Teks di Posting

Ini ide-Q yang datang tak terduga2... jadi, daripada ntar nggak mood trus nggak jadi posting lebih baik Q langsung mulai aja...

Kita semua tahu donk di MS Word atw OpenOffice.org ada efek2 teks misalnya bayangan, garis coret, de-el-el

Nah anni3 kebetulan punya sedikit trik biar teks di Postingan bisa menjadi lebih menarik!

> Teks tebal (bold)
Caranya adalah dengan menambahkan kode <b> sebelum kata yang ingin ditebalkan dan diakhiri dengan </b>. misalnya:

aku adalah diriku ditulis <b>aku adalah diriku</b>


> Teks miring (italic)
Caranya adalah dengan menambahkan kode <i> sebelum kata yang ingin dimiringkan dan diakhiri dengan </i>. misalnya:

aku adalah diriku ditulis <i>aku adalah diriku</i>


> Teks garis bawah (underline)
Caranya adalah dengan menambahkan kode <u> sebelum kata yang ingin digaris bawahi dan diakhiri dengan </u>. misalnya:

aku adalah diriku ditulis <u>aku adalah diriku</u>


> Teks garis atas (overline)
Nah... ini yang nggak biasa, Q temuin di Yuwie... kalau biasanya garis bawah ini garis atas. Caranya adalah dengan menambahkan kode <span style="text-decoration: overline;"> sebelum kata yang ingin digaris atasi dan diakhiri dengan </span>. misalnya:

aku adalah diriku ditulis <span style="text-decoration: overline;">aku adalah diriku</span>


> Teks agak atas (supscript, misal: kuadrat)
Ini mungkin dibutuhkan bagi bLoG2 yang suka rumus Matematika (mungkin)... Caranya adalah dengan menambahkan kode <sup> sebelum katanya dan </sup> di akhirnya. misalnya:

anni3 ditulis anni<sup>3<sup>


> Teks agak bawah (subscript)
Ini juga mungkin dibutuhkan bagi bLoG2 yang suka rumus Matematika (mungkin lagi)... Caranya adalah dengan menambahkan kode <sub> sebelum katanya dan </sub> di akhirnya. misalnya:

1H ditulis <sub>1</sub>H


> Teks tercoret (strike)
Hhmmm... Q nggak tahu apa gunanya tapi Q sering pake. Oke, caranya adalah dengan menambahkan kode <strike> sebelum kata yang mau dicoret dan diakhiri dengan </strike>. misalnya:

aku adalah diriku ditulis <strike>aku adalah diriku</strike>


> Teks warna lain
Kadang kita ingin satu atau beberapa kata memiliki warna yang berbeda dari yang lainnya (seperti di posting ini kan...). Caranya adalah dengan menambahkan kode <font color="warnanya"> sebelum kata yang ingin diberi warna berbeda dan diakhiri dengan </font>. warnanya bisa diganti dengan white, black, grey, blue, red, green, yellow, purple, indigo, dll, atau dengan kode2 warna (klik untuk ke kode warna). untuk contoh misalnya:

aku adalah diriku ditulis <font color="green">aku adalah diriku</font>


> Teks berbayang (shadow)
Ini juga (kayaknya) nggak biasa. Caranya adalah dengan menambahkan kode <span style="text-shadow: warnanya 2px 2px 2px;"> sebelum kata yang ingin digaris atasi dan diakhiri dengan </span>. warnanya bisa diganti dengan white, black, grey, blue, red, green, yellow, purple, indigo, dll, atau dengan kode2 warna (klik untuk ke kode warna). untuk contoh misalnya:

aku adalah diriku ditulis <span style="text-shadow: green 2px 2px 2px;">aku adalah diriku</span>


> Teks kelap-kelip (blink)
Blink2 yang nggak memberatkan... cukup ketik <span style="text-decoration: blink;"> lalu kata2nya dan diakhiri dengan </span>. contoh:

aku adalah diriku ditulis <span style="text-decoration: blink;">aku adalah diriku</span>


> Cara pakai
Tau kan cara pakainya??? caranya kata yang "aku adalah diriku" (kecuali ada beberapa yang beda, tau kan?) diganti dengan kata2 kamu sendiri. dan jangan lupa DALAM MODE EDIT HTML, BUKAN TULIS atw COMPOSE

huaaa.... capek banget!!! ternyata bikin tutorial hasil sendiri (jujur lho!) bikin capek, ya meskipun hasil akhirnya sama saja dengan punya orang lain pada umumnya... tapi setidaknya Q sudah berusaha...

Udah ah anni3 udah mulai be-te lagi... inget besok harus bikin artikel buat mading. :o

3 komentar: